Sejarah Perjalanan Blogku dari Masa ke Masa

24 Jun 2011

nge-Blog

nge-Blog

Pada pertengahan tahun 2002 saya mulai mengenal Internet. Saat itu setelah latihan Tae Kwon Do (pada hari Minggu masuk siang), saya diajak teman saya ( Triza ) untuk nemenin dia chatting di warnet. Saat itu saya benar-benar buta yang namanya Internet. Sambil liat temenku itu chatting (lewat mIRC) dan chek email, aku mulai menghafal cara ber-internet kedalam memory otakku yang tak seberapa ini. Waktu sudah sore dan kami pun pulang. Setelah bersih-bersih badan aku pun memberanikan diri datang ke warnet sendirian. Aku teringat saat itu aku benar-benar mirip seperti orang hilang. Cuman bermodalkan ingatan cara membuka dan apa saja yang dilakukan dengan Internet.

Pertama membuka program chatting seperti yang aku ingat (logo mIRC), setelah connect ke server aku masuk sebuah Channel dan itu pun aku hanya parkir nama. Saat itu aku memakai nama “bRaCaToNa” (teringat tukang nebang pohon kelapa di kampung yang di mesinnya ada tulisan bracatona, yang ternyata artinya sebuah nama hama pohon kelapa).

Selama aku chatting aku pun kembali mengingat aktifitas lainnya, yaitu Email. Kemudian aku pun membuat account email. Dulu aku belum begitu mengerti email itu apa, sehingga membuat account banyak banget sampe lupa password dan ID nya hahaha… :D Dulu saat masih ada email dari Astaga.Com, Kafegaul.Com, Lovemail.Com dan membuat di account email lainnya, seperti Yahoo.Com, Hotmail.Com dan Lycos.Com.

Waktu sudah mulai malam dan aku pun pulang. Dalam perjalanan pulang aku pun mempunyai pikiran “kayaknya keren kalo tidak hanya punya email saja, tapi juga punya situs”. Den besoknya setelah pulang dari bekerja (saat itu bekerja jadi montir mobil di Tras Auto Service), aku langsung ke warnet untuk mencoba belajar membuat situs. Setelah sampai di warnet yang aku buka pertama kali adalah Yahoo Search nya, karena hanya itu yang aku kenal dulu. Ternyata Yahoo! memberikan tempat dan cara untuk membuat website yaitu di Geocities.Com. Saat itulah aku mulai belajar men-design dan membuat situs.

Blog Board

Blog Board

Seorang teman latihan Tae Kwon Do ku ( bernama Hari ) yang punya koneksi internet dirumahnya (pake kabel telpon istilahnya dial-up) ngasih tau aku, kalau mau membuat website atau situs memakai program yang mudah aja, yaitu Front Page. Nah semenjak itu setelah pulang kerja kegiatanku ada 2 selain latihan Tae Kwon Do, yaitu ke Warnet dan ke Rental Komputer (soalnya warnetnya tidak disediakan program Front Page)

Saat itu selain belajar membuat website denganFront Page aku pun mempelajari bahasa pemrograman website HTML dan Script code di dalam mIRC semisal menjawab salam di channel secara automatis juga membuat psyBNC dengan petunjuk dari mas Rhega dan mas Imam.

Di dalam mIRC aku pun mulai mendapatkan teman yang ternyata banyak senior-senior dalam dunia web design, sebut saja salah satunya kakak Astho, Eni Lestari ( enils ), dari beliaulah saya mengenal BLOG dan teman-teman yang suka dengan BLOG (saat itu ada beberapa channel mIRC yang kebanyakan isinya para blogger, seperti #blogbugs, #bloggerian, #angkringan). Dari sana lah saya melihat perbedaan website punya saya yang sebuah website mati atau tidak pernah update dengan website hidup yang selalu update atau yang di istilahkan dengan BLOG.

Saat itulah saya memulai mempelajari tentang BLOG, dari apa itu BLOG dan sejarah BLOG. Setelah membaca Sejarah Blog saya pun mencoba mendaftar di sebuah situs penyedia blog, yaitu Pitas.Com. Pada bulan Juli 2003 meluncurlah Blog Perdana saya yang beralamat http://herry.pitas.com (ternyata masih hidup) dengan design yang saya buat (saat itu nyontek design sebuah portal dengan engine PHPNuke) keliatan banget designku masih kasar. Kemudian saya pun belajar terus tentang per-blog an, mencoba daftar di Blogger.Com (yang saat itu belum dibeli oleh google) dan mencoba membuat beberapa blog (selembar.blogspot.com serta halamandepan.blogspot.com)

Kemudian ada seorang teman yang berbaik hati (mas Mamatz) yang memberikan space hostingnya sebagian kepada saya untuk dijadikan Blog (herry.mamatz.org). Waktu itu saya bingung mau di apain ini space, mau di isi apa ini space, kemudian atas saran dari Eni Lestari ( enils ) untuk di isi dengan engine blog. Saat itu beliau menganjurkan memakai b2 Cafelog yang juga dipakai oleh beliau. Saya pun mencoba meng-install dan mencoba meng-oprek themes nya atas arahan dari Eni Lestari ( enils ) dan juga tanya-tanya dengan kakak Astho. Suatu saat pernah b2 Cafelog mengalami crash dan dianjurkan memakai engine WordPress. Saya coba Install dan saya lihat. Kesan pertamanya engga sreg dengan halaman admin nya. Saya pun balik menggunakan b2 Cafelog yang sudah di upgrade lebih baik menjadi b2 Evolution.

Blog Stone

Blog Stone

Setelah melakukan install engine b2 Evolution di hosting, aku lihat space yang tersisa tinggal sedikit. Wah engga seru ini, kemudian saya mencoba install engine yang lain. PHPNuke, Movable Type, Joomla, Drupal, Mambo, sudah saya coba juga pelajari tapi gak ada 1 pun yang sreg, terpaksa dengan terpaksa balik ke engine WordPress (saat itu belum tau cara mengganti themes). Setelah itu nge-blog seperti biasa dan tetap belajar coding HTML, CSS, JavaScript, dan PHP. Nah yang membuat sebal waktu itu hostingnya mas Mamatz kadang mati, kadang juga hidup. Terpaksa mencari hosting gratisan yang bisa dipasang WordPress dengan bantuan Google (sudah mengenal google). Saya pun tidak sengaja menemukan WordPress Hosting yaitu Blogs.Ie ( herry.blogs.ie ), WPBlogs.Com ( herry.wpblogs.com ), dan Blogsome.Com ( herry.blogsome.com kemudian pindah ke admin.blogsome.com dengan design sendiri ), juga pernah membuat blog tutorial di belajarblog.blogsome.com tapi langsung engga update.

Selama tahun 2003 - 2005 teman saya semakin banyak, terutama dari dunia mIRC dan Blog, dan sempat ikut melakukan Gathering sehingga tau wajah-wajah beliau-beliau nya. Lewat mIRC dan Blog saya mendapatkan dan membagikan ilmu yang saya tak seberapa ini sehingga semakin banyak pula teman-teman saya. Selain bekerja di sebuah bengkel mobil, saya pun sempat menjadi seorang Operator Warnet, sehingga jam terbang saya semakin banyak sehingga saya pun juga semakin banyak belajar, sampai-sampai terjun ke “dunia hitam” yaitu Carding. Dimana saya bisa mendapatkan Nomor Credit Card, kode pengaman ( CVV ), beserta Nama dan Alamat si empunya Credit Card. Dan saya pun pernah membelanjakannya, Untuk men-chek valid tidaknya Credit Card, dengan dipakai untuk membeli account konten porno (maaf lho). Jika sukses maka dipakai untuk membeli apapun bisa. Waktu itu saya pernah membeli Jam Tangan dengan Merk Swiss Army, yang di alamatkan ke Warnet, dan memang sampai. Sayangnya selang beberapa tahun jatuh dan kaca depannya pecah dengan suara “Blugh!!!” (mirip suara lampu TL kalo jatuh pecah) dan langsung mengeluarkan asap. Huffff….!!!! Mencoba muter-muter Jogja mencari yang bisa benerin atau ada yang jual, ternyata tidak ada….(emang kalo barang engga halal dapatnya mudah, hilangnya juga mudah). Selain itu juga pernah membeli Hosting + Domain, yaitu Bracatona.Com (hilang karena di hack orang) serta HerryRachman.Net (langsung di matiin sama yang punya Credit Card) semuanya dibeli selama 10 tahun, jelas aja yang punya Credit Card langsung meng-contact penyedia Hosting + Domain untuk menutup acaount nya.

Hello Blog

Hello Blog

Lewat blog saya berkenalan dengan seorang tutor disebuah Lembaga Pelatihan YES (Yogya Executive School) bernama mas Isnaini. Dari beliau ini saya diajarkan lebih dalam tentang webdesign menggunakan Photoshop, Dreamweaver, dan Macromedia Flash, sampe saya menginap disana (makasih mas Is atas ilmu-ilmu nya). Nah pernah suatu saat ada teman mengajak saya membuat blog di Multiply (imherry.multiply.com) tapi saya tidak tertarik, karena tampilannya tidak bisa di modifikasi. Kemudian suatu saat dibuka layanan WordPress Hosting resmi dari WordPress yaitu di WordPress.Com (imherry.wordpress.com).

Dari berbagai Web Hosting Blog tersebut saya mencoba mengumpulkan beberapa postingan dalam 1 blog dan itu sangat susah karena saat itu saya belum tahu cara untuk memindah seluruh postingan dengan singkat. Jadi yah copy paste aja posting per posting. Capek ternyata….

Kembali ke cerita awal, saya pun mendapat tawaran dari anaknya bosku sekarang untuk kerja jadi Operator Game, bukan warnet tapi ada syaratnya. Yaitu saya harus keluar dari tempat kerja saya yang di Bengkel. Memang saat itu setelah mengenal Game saya jadi jarang update Blog. Setelah dipikir untung ruginya, saya pun menyanggupi dan di tempatkan saya di Gamenet cabang baru, yaitu di Mercury.Net.

Selang beberapa bulan kerja di Gamenet saya mulai agak sebel, karena ternyata koneksinya hanya bisa dalam negeri saja alias IIX. Sehingga saya tidak bisa untuk nge-Blog dan chek email. Kemudian saya pun ke warnet untuk mencari “adakah hosting lokal yang memberikan space gratis untuk blog”. Ternyata setelah mencari di Google aku mendapatkan jawaban. Yaitu ada dan ada di Blog.Boleh.Com (www.blogboleh.com/herry), Blog.Indosiar.Com sekarang menjadi BlogGaul.Com, Blog.Plasa.Com yang masih aktif ataukah tidak saya tidak tau, dan Blogs.Or.Id (herry.blogs.or.id dan imherry.blogs.or.id) dan terakhir adalah DagDigDug.Com (herry.dagdigdug.com)

Blog Creattiva

Blog Creattiva

Selang beberapa waktu saya diajari seorang teman caranya Browsing dengan koneksi Lokal (IIX) tapi bisa ke server Luar atau International. Soalnya dulu hanya bisanya server lokal saja. Boro-boro buka Friendster yang saat itu sedang booming, buka Google saja tidak bisa. Kemudian setelah bisa meng-akses situs luar dengan koneksi lokal, saya pun mempunyai pekerjaan baru, yaitu memindah postingan-postingan lama saya kedalam blog lokal imherry.blogs.or.id. Selang beberapa bukan setelah habis melahap halaman berita di DetikNews.Com lalu ke DetikHot.Com dan DetikiNet.Com tidak sengaja saya melihat kanal baru, yaitu BlogDetik.Com. Begitu terbuka “ooowww, layanan blog hosting”. Saya pun mencoba mendaftar, tapi waktu itu hanya ingin melihat “dalam” nya saja. Space waktu itu masih sama dengan yang di Blogs.Or.Id 25Mb. Kemudian saya ber-eksperiman dengan memasukkan code JavaScript, ternyata bekerja (saat itu BlogDetik belum ada plugin Any HTML), saya pun mulai senang, karena yang di Blogs.Or.Id tidak bisa dipasangi code JavaScript. Mulai deh saya jatuh cinta dengan BlogDetik.Com yang sampai saat ini di ImHerry.Blogdetik.Com

Walaupun dulu pernah punya domain ImHerry.Com selama 2 atau 3 tahun yah (lupa) yang belinya di ArdHosting mau memperpanjang sudah malas karena saat itu saya sudah berkeluarga. Saya lebih memberatkan untuk membeli susu ibu hamil saja daripada untuk sewa domain. Karena saya pun sudah memiliki domain-domain lain malah yang Gratis, semisal :
www.herry-masih.tk (domain lama)
www.herry.tk (domain lama)
www.imherry.tk
www.blog-anak.tk
www.imherry.it.tc
www.imherry.pro.tc
www.imherry.co.nr
www.imherry.co.cc
www.imherry.co.tv

Terima kasih BlogDetik.Com, sudah menerima saya, juga terima kasih atas space, layanan selama ini. Tak terasa 8 tahun sudah saya terjun kedalam dunia Blog sehingga saya mendapatkan ilmu tak terhingga banyaknya dari teman-teman semua. Juga buat teman-teman di komunitas Blog :

Blogbugs (komunitas blog Indonesia), Bloggerian, Angkringan.Or.Id (komunitas blog Jogjakarta), CahAndong.Org (komunitas blog Jogjakarta), BlogFam (blog tentang keluarga), BlogStation, BBV (Bandung Blog Vilage), Cangkrukan, Loenpia.Net (komunitas blog Semarang), Bengawan.Org (komunitas blog surakarta/solo), Anging Mammiri (komunitas blog Makasar) serta komunitas dari dBlogger, Dotsemarang, Blogvaganza, DbloggerSBY, DbloggerSamarinda, DblogerBanten (maaf untuk komunitas yang belum saya sebut, karena saya keterbatasan ingatan saya). Terima kasih teman-teman semuanya. Kalian adalah orang-orang hebat diberbagai bidangnya, sehingga saya bisa bertanya banyak hal dari kalian.

Terima kasih semuanya.
Terima kasih BlogDetik.Com dan Maju terus….
*maaf panjang banget postingan saya*


TAGS Blog Blogger WordPress BlogDetik Yahoo Komunitas Weblog Google D'Blogger Sejarah Pitas Astaga Hotmail Blogger.Com


-

Author

Herry Rachman
@imherry
me on www.siomponk.com

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive